Minggu, 26 Mei 2013

PENAWARAN DALAM ILMU EKONOMI


Ketemu lagi dengan ips-esemka.blogspot.com kalau sebelumnya kita sudah membahas tentang permintaan dalam ilmu ekonomi maka kali ini kita akan membahas tentang penawaran, kedua materi ini terdapat hubungan khusus tentunya. Tidak usah basa-basi panjang lebar, langsung saja sedikit ringkasan tentang pwnawaran.

1. Pengertian Penawaran 
Penawaran atau yang sering disebut supply adalah kuantitas barang dan jasayang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Pengertian ini berlaku dengan menganggap hal-hal lain selain harga tetap konstan (ceteris paribus).

2. Hukum Penawaran 
Dalam hukum penawaran, harga memainkan peran penting dalam mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan. Semakin tinggi harga semakin tinggi pula kuantitas barang dan jasa yang ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang dan jasa, semakin rendah pula kuantitas barang dan jasa tersebut yang ditawarkan. Semua itu seperti yang sudah dijelaskan pada bunyi hukum penawaran yaitu "Apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila harga dan jasa menurun, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan semakin menurun, ceteris paribus."

3. Kurva Penawaran
Kurva penawaran adalah informasi berupa grafik yang menggambarkan tentang kuantitas suatu barang dan jasa yang ditawarkan selama periode waktu tertentu pada berbagai tingkat harga, dengan asumsi faktor-faktor lainnya konstan. Gambar dibawah ini merupakan contoh tabel penawaran yang diubah menjadi grafik atau kurva penawaran.

4. Pergeseran Kurva Penawaran
Seperti halnya permintaan, penawaran tidak jasa dipengaruhi oleh harga. ada banyak faktor yang mempengaruhi kuantitas penawaran akan sebuah barang dan jasa. Beberapa di antaranya adalah kemajuan teknologi, biaya produksi, persediaan sarana produksi, peningkatan jumlah produsen, peristiwa alam, ekspetasi atau harapan produsen, harga barang dan jasa lain. Sebagai peraga, lihat gambar dibawah ini.

5. Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran adalah fungsi untuk menunjukkan hubungan antara harga barnag/jasa dan jumlah barang/jasa yang ditawarkan. Secara matematis, fungsi penawaran dapat ditulis sebagai berikut : 

Dimana :
Qs   = kuantitas penawaran
Ps    = harga barang atau jasa
a, b = konstanta

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . IPSesemka - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger